Senin, 15 Maret 2010

Cara Peminpin Masa Depan Versus Peminpin sejati

Ada banyak macam model kepeminpinan di dunia ini. ada tipe kepeminpinan yang otoriter, ada yang menyatu dengan orang yang dipinpin, ada yang demokratis, ada yang seperti ajaran Ki Hajar Dewantara : ingngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Belakang ini marak teori kepeminpinan yang dilandaskan pada situasu (Situational Leadership) yang dipolpulerkan oleh Hersey dan Blanchard. Di sana ada empat gaya meminpin dalam empat situasi,yaitu Telling Style, Selling Style, Participating Style serta Delagating Style. Yang terakhir, merupakan bentuk pendelagasian untuk kondisi kepeminpinan bagi orang yang levelnya cukup tinggi.
berbicara mengenai teori kepeminpinan, Fred Luthans dalam bukunya Organizational Behavior mengatakan:

There are several distinct theoretical bases for leadership. At first leader were felt to be born. not made this so called "great man" theory of leadership implied that some individuals are born with certain traits that allow them to emerge out of any situation or period of history to become leaders this evolved into what is now known as the trait theory of leadership. The trait approach is mainly with identifying the personality traits of the leader ( 1992: p. 456)

pernyataan itu, menjawab suatu pertanyaan yang abadi mengenai peminpin, apakah seorang peminpin itu dibentuk atu di larikan? pertanyaan berikut begitu mendalm sehingga jawaban apapun yang diberikan masih bisa dibanatah dengan jawaban yang lainnya lagi. Hal ini sekaligus mengukuhkan bahwa diskusi mengenai kepeminpinan tidak akan penah habis, sekaligus menegaskan bahwa membahas soal kepeminpinan itu menarik. Intinya, Luthnas ingin mengatakan bahwa diantara banyak peminpin di sunia ini pada awal mulanya adalah di lahikan, bukan di bentuk. Dari pendapat di atas ada fakta bahwa zaman dahulu banyak tokoh legendaris yang bekecenderungan dilahirkan, bukan dibentuk. Artinya peminpin itu adalah turunan seorang peminpin atau seorang yang terlahir sebagai seorang peminpin (born as a leader). Contoh peminpin semacam itu antara lain Napoleon, Stalin, Mao Hitler

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar